Pelantikan Ketua Presidium DPC PMKRI Cabang Tambolaka oleh Ketua Presidium PP PMKRI Benediktus Papa dilaksanakan di Kota Tambolaka, Sumba Barat Daya, NTT pada 5 Desember 2020. Jabatan Ketua PMKRI Tambolaka Periode 2020-2021 adalah jabatan periode kedua Yulius Lere.

Dalam kegiatan yang menaati protokol kesehatan ini, selain dihadiri Ketua Presidium PP PMKRI Benediktus Papa, kegiatan ini dihadiri juga Perwakilan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya, Rofinus Kaleka, anggota penyatu/alumni PMKRI, Koordinator Komda Regio Timor, Ketua GMKI Cabang Tambolaka, Ketua Presidum PMKRI Waingapu Hendrikus, Ketua panitia Ad Hoc RUAC IV PMKRI Cabang Tambolaka Mario Tanggu Dedo, dan anggota-anggota biasa PMKRI Cabang Tambolaka.

Alumni/anggota penyatu PMKRI dengan berbagai profesi, mulai dari pengacara, politisi, birokrat, peneliti, dosen, guru hingga pengusaha mendukung kegiatan ini. Alumni-alumni tersebut antara lain Yohanes Bulu Dappa, Wilhelmus Yape Kii, Moses Gheda Bokol, Khristoforus Palli Ngongo, Yustinus Ghanggo Ate, Lukas Lere, Albert Natara Wada, Agnes Seingo, Yosep Ama Kii, Marianus Fergilus Lede Todo, Inosentius Damma Renna, Karlin Andung dan Meriana Ina Kii.

Dalam sambutannya Ketua PP PMKRI Benediktus Papa mengatakan “saya ucapkan terima kasih kepada PMKRI Cabang Tambolaka yang terlibat aktif dalam kegiatan Rakernas ke X PMKRI yang dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Rakernas yang lalu terlaksana dengan baik dan dalam situasi pandemi COVID19 yang masif, PMKRI tampil menjadi role model organisasi nasional yang mampu melaksanakan kegiatan nasional secara full virtual”.

Lanjutnya “pertarungan kita ke depan (paska COVID19) jauh lebih berat. Dengan kita mengalami COVID19 mau tidak mau, kita dipaksa untuk beradaptasi dengan era digital. Situasi pandemi ini mengharuskan kita menyesuaikan diri dengan situasi yang serba tidak pasti, baik itu segi sosial, ekonomi, dan politik, semuanya terdampak dari secara aktivitas.”

Menurut Benediktus, situasi hari ini harus menjadi tonggak penting untuk berubah lebih baik sehingga lebih kontributif.

Benediktus menegaskan “oleh karena itu PR bagi teman-teman yang baru dilantik adalah bagaimana mengembalikan semangat kaderisasi itu sehingga semakin berkembang ke depan, karena dengan demikian maka kita dapat mewujudkan organisasi yang betul-betul mampu menciptakan kader yang berkualitas.”

Dalam sambutannya mewakili alumni/anggota penyatu PMKRI, Marianus Fergilus Lede Todo mengatakan “kehadiran PMKRI di Kabupaten Sumba Barat Daya dapat berdampak bagi masyarakat sekitar terkhusus rekan-rekan mahasiswa.

Menurut Ari Todo, senior terdahulu menjadikan PMKRI sebagai wadah untuk membentuk intelektualitas, kerohanian maupun mental.

Untuk itu lanjutnya “kaderisasi intelektualitas populis di PMKRI penting dan sangat strategis. Sejak awal PMKRI didirikan sudah tegas PMKRI adalah organisasi pembinaan dan perjuangan, bukan organisasi masa yang berbasis kuantitas tapi mendepankan kualitas.”

Ari Todo menegaskan bahwa PMKRI dalam berjuang harus menjaga independensi dan interdependensi dalam berjuang untuk gereja dan bangsa. Dalam hal ini gerakan yang dibangun tidak boleh dicampuri pihak luar dan dalam bergerak perlu bersinergi dengan elemen-elemen gerakan lain.

Selain itu tutur Ari Todo “mengingat PMKRI sebagai laboratorium, maka adik-adik jangan takut untuk berbuat salah karena adik-adik tidak memiliki kesempatan yang kedua yang sama deengan teman-teman mahasiswa yang lain. Jadi manfaatkan waktu dengan baik, dan kita harus perlu beradaptasi dengan lingkungan.”

Ketua PMKRI yang baru dilantik Yulius Lere mengatakan “ada begitu banyak tantangan yang kami hadapi tetapi kami tetap berdiri ini untuk memperjuangkan gereja dan tanah air. Terima kasih kepada teman DPC yang baru periode 2020-2021 yang sudah bersedia untuk membantu saya kembali menjalankan roda kepemimpinan dalam satu periode kedepan ini.”

“Harapan saya kita tetap bersama tetap solid memperjuangkan segalah aspirasi rakyat demi gereja dan tanah air sehingga kedepannya bangsa kita dan wilayah kita Pulau Sumba dapat berubah dan maju sesuai dengan perkembangan jaman”, tegasnya.*

Sumber: https://radamuhu.com/2020/12/07/ketua-pp-pmkri-benediktus-papa-lantik-yulius-lere-sebagai-ketua-pmkri-cabang-tambolaka-2020-2021/

Berita sebelumyaBenidiktus Papa Lantik DPC PMKRI Cabang B. Lampung
Berita berikutnyaKetua Presidium Pusat PMKRI Melantik Ketua Presidium Cabang Tambolaka Periode 2020-2021